PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PERKEMBANGAN IMAN PESERTA DIDIK KRISTEN SMA NEGERI 3 KOTA PEKALONGAN

Detail Cantuman

TESIS

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PERKEMBANGAN IMAN PESERTA DIDIK KRISTEN SMA NEGERI 3 KOTA PEKALONGAN

XML

Ketertarikan peneliti untuk mengamati perkembangan iman pada peserta didik Kristen semakin kuat, ketika persoalan bermunculan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 3 Kota Pekalongan. Peran guru PAK sudah tidak lagi pada visi dan misi PAK yang diharapkan karena timbulnya berbagai persoalan pada ketiga aspek pendidikan yaitu pada aspek pengetahuan (kognitif) guru PAK statis dan tidak lagi mau belajar sepanjang hayat dan stagnan, tidak pernah membuat perangkat pembelajaran PAK, tidak mau mengikuti kurikulum yang sedang dilaksanakan di sekolah. Pada aspek sikap dan nilai-nilai (afektif) semakin lama semakin memudar dengan seringnya mengeluarkan kata- kata kutuk yang diarahkan pada peserta didik kristen, nada bicara berupa ancaman ditujukan pada peserta didik kristen yang terlambat masuk kelas atau tidak masuk (bolos) pada pembelajaran PAK di kelas. Pada aspek keterampilan (psikomotor) yang berdasarkan iman Kristen, program pembelajaran PAK pada semestar enam (6) seharusnya peserta didik kelas XII mendapat materi pembelajaran PAKyaitu keterampilan berkhotbah yang diujikan dalam ujian praktek PAK kelas XII, pembelajaran dan materi berkhotbah pun tidak pernah diajarkan dalam pembelajaran PAK. Sehingga hanya pembelajaran PAK yang tidak diadakan ujian praktek, sedangkan untuk Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMA Negeri 3 Pekalongan semua ujian baik USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional) maupun Ujian Praktek dilaksanakan dengan sangat baik.
Pembelajaran PAK mulai tahun 2004 s.d. 2017 masih dilakukan dengan pembelajaran yang konvensional dan monoton membuat pembelajaran ini sangat membosankan, pembelajaran selalu diisi dengan kegiatan guru berkhotbah tanpa panduan pembelajaran yang jelas, sehingga ketika peserta didik Kristen menghadapi PAS (Penilaian Akhir Semester ganjil dan genap) dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) peserta didik kesulitan mempelajari materi dan sumber belajar yang entah bersumber dari mana. Akhirnya saat penilaian terkesan soal hanya mengambil dari buku-buku PAK serabutan yang kurang sesuai (sering terjadi soal PAS dan PAT kualitas materinya seperti untuk konsumsi anak SD)


Detail Information

Item Type
THESIS
Penulis
ANITA NOTONEGORO - Personal Name
Student ID
20213005
Dosen Pembimbing
MONANG P. SIDABUTAR - 2315056501 - Dosen Pembimbing 1
SARI SAPTORINI - 2320108301 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARDIHARTO - 2306027001 - Ketua Penguji
ROBINSON RIMUN - 2328066802 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86108
Edisi
Published
Departement
STT BAPTIS INDONESIA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Teologi Baptis Indonesia : Semarang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
TES063P Not p / c.1
Copyright
Lembaga Penerbit
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail